Title:

Description:

Surgery (Tindakan Bedah)

Operasi onkologi adalah cabang ilmu kedokteran yang merujuk pada metode untuk mengobati tumor yang bersifat kanker. Tujuan utamanya adalah mengangkat pertumbuhan kanker abnormal yang menginfeksi tubuh, melalui operasi. Meskipun mengangkat kanker tidak berarti menyembuhkan penyakit tersebut, tindakan ini dianggap sebagai komponen penting dalam pengobatan kanker, dan sebagai dasar penanganan kanker. Tindakan operasi onkologi seringkali didukung dengan tindakan tambahan, seperti kemoterapi, terapi radiasi, dan pengobatan biologis. Cabang ini menjadi hal yang berbeda dengan operasi umum, karena lebih khusus pengobatan kanker terpusat yang diciptakan sebagai respon terhadap pertumbuhan penyakit kanker yang meningkat. Operasi onkologi juga terus berkembang, karena teknik operasi tradisional telah berubah menjadi modern, dan tidak begitu berisiko.

Operasi onkologi adalah pengobatan medis yang dibutuhkan untuk menangani orang-orang yang sakit karena adanya pertumbuhan kanker. Operasi yang dilakukan dapat mengangkat tumor yang tumbuh atau memperbaiki bagian tubuh, di mana kanker telah menyebar. Dengan demikian, operasi onkologi atau kanker, dikategorikan berdasarkan tujuannya, yaitu:

Operasi Pencegahan,  Mereka yang memiliki risiko tinggi mengembangkan penyakit kanker karena riwayat kesehatan keluarga atau kondisi genetik yang telah ada, dapat melakukan pencegahan tanpa menunggu munculnya tumor ganas. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah kanker berkembang dari awal. Operasi onkologi jenis ini, mengangkat jaringan atau organ yang rentan terhadap jenis kanker yang mungkin berkembang pada tubuh orang tersebut. Sebagai contoh, wanita dengan riwayat keluarga yang memiliki kanker payudara, dapat memilih melakukan mastektomi walaupun tanpa didiagnosa mengidap kanker.

Operasi Pemeriksaan, Operasi onkologi terkadang dilakukan untuk memastikan tumor yang dicurigai sebagai kanker, biasanya dengan mengambil sampel kecil dari tumor sehingga dapat dipelajari di bawah mikroskop. Tindakan ini, disebut sebagai biopsi, dapat dilakukan dengan teknik minimal invasif, dan merupakan cara paling efektif untuk menentukan, apakah tumor yang ada ganas atau jinak (non-kanker).

Menentukan stadium kanker, Klasifikasi kanker kadang membutuhkan beberapa kali operasi; ini dilakukan untuk menentukan stadium kanker, yang merupakan faktor penting dalam membuat rencana pengobatan bagi pasien. Operasi dalam bentuk ini dijalankan untuk mengevaluasi ukuran tumor dan memeriksa apakah kelenjar getah bening telah terinfeksi.

Pengobatan awal, Dalam banyak kasus kanker, operasi adalah awal dari pengobatan kanker dengan tingkat kesuksesan yang tinggi, karena tindakan ini akan mengangkat tumor yang ganas dari tubuh. Jika infeksinya masih bersifat lokal dan belum menyebar ke bagian tubuh lain, pemoperasian cukup untuk mengobati penyakit. Namun, jika sebaliknya pasien akan membutuhkan terapi lainnya.

Menghilangkan beberapa gejala, Operasi kanker adalah tindakan yang dapat juga digunakan untuk menghilangkan beberapa gejala yang dialami pasien karena panyakit ini, seperti rasa sakit yang disebabkan oleh tumor yang menekan saraf atau tumor yang mempersempit saluran usus.

Operasi kanker dilakukan dengan banyak cara, baik menggunakan teknik tradisional ataupun modern. Operasi kanker tradisional adalah mengangkat seluruh tumor ganas dari tubuh; untuk melakukan hal ini, dokter bedah akan membuat sayatan, tidak hanya untuk mengangkat tumor yang teinfeksi, namun juga jaringan sehat di sekitarnya; ini dilakukan guna memastikan bahwa kanker telah sepenuhnya terangkat. Dalam beberapa kasus, kelenjar getah bening yang terinfeksi juga perlu diangkat dengan operasi.

Services