Screening dan Diagnostik Kanker

Pemeriksaan kanker adalah tes yang dilakukan untuk memastikan dan mendiagnosa kanker, terutama pada tahap awal. Ini juga merupakan upaya pencegahan bagi orang yang berisiko tinggi terkena kanker.

Title:

Description:

Screening dan Diagnostik Kanker

Kanker adalah penyakit yang seringkali mengancam hidup, yang disebabkan oleh mutasi sel-sel di dalam tubuh. Biasanya, sel-sel tersebut tidak matang atau tidak normal, namun tidak mau mati dan menyebar melalui aliran darah, sehingga menyebabkan metastasis (menyebarkan kanker ke organ terdekat lainnya). Sel kanker dapat menghancurkan sel lainnya yang sehat, dan menimbulkan komplikasi yang dapat menyebabkan kematian.

Sel ini dapat berkembang dan menyebar dengan sangat perlahan, bertahun-tahun, atau cepat hungga kesehatan pasien menurun dan hidupnya hanya tinggal hitungan hari atau bulan. Namun, pemeriksaan kanker awal dan rutin dapat menyelamatkan hidup Anda, jika penyakitnya diketahui lebih awal.

Meskipun tidak semua jenis kanker – sudah ada ratusan saat ini – memiliki tes pemeriksaan standar, kanker yang paling umum seperti kanker paru-paru, mulut, payudara, usus, rahim, ovarium, dan prostat memilikinya.

Di sisi lain, tidak semua uji pemeriksaan kanker diharuskan, namun pria maupun wanita dapat menggunakan panduan yang dikeluarkan oleh penyedia layanan kesehatan atau American Cancer Society, untuk memutuskan tes apa yang perlu dilakukan.

Bagaimana Cara Pemeriksaannya?

Ada banyak cara untuk melakukan uji pemeriksaan kanker. Pertama-tama, melalui pemeriksaan fisik, di mana dokter akan mengamati bagian yang dikahwatirkan dan memeriksa tanda-tanda kanker seperti benjolan pada payudara, bercak putih pada lidah, dan pendarahan di rektum.

Dokter juga akan menanyakan tentang sejarah kesehatan pasien dan keluarga untuk menilai risiko kanker berdasarkan keturunan atau kemungkinan penyakit kronis (contohnya, orang dengan obesitas mungkin mengalami kanker pankreas dan hati).

Cara paling umum untuk melakukan pengujian adalah dengan uji laboratorium, termasuk biopsi. Sel, jaringan, kotoran, dan cairan seperti darah dan air seni yang dikumpulkan oleh dokter akan dikirim ke laboratorium, di mana sampel tersebut akan diperiksa untuk mengetahui kehadiran sel abnormal.

Bagi mereka yang berisiko tinggi, tes genetik juga perlu dilakukan. Ini termasuk Tes Genetik Myriad, yang dapat mengidentifikasi sampel darah yang membawa tanda genetik tertentu yang dapat memastikan adanya kanker.

Pemindaian juga dilakukan. Termasuk mammography (untuk payudara), dan x-ray (untuk kanker paru-paru). Sementara, endoskopi, kolonoskopi, USG, MRI, PET juga dianggap sebagai tindakan pemeriksaan standar untuk kanker. Namun, pemindaian ini bukanlah prioritas, kecuali tidak ada pilihan lain atau dokter sangat mencurigai adanya kanker dan ingin menentukan apakah sudah menyebar ke organ lain atau belum.

Services