Blog

Credibly reintermediate backend ideas for cross-platform models. Continually reintermediate integrated processes through technically sound intellectual capital.
service-kemoterapi-oncologyweb-1500x997-1-1200x798.jpg
10/Feb/2021

Kanker tak begitu saja hadir tanpa sebab, istilah lain dari kanker adalah NEOPLASIA, yaitu adanya pertumbuhan baru. Neoplasia terjadi apabila sel-sel di dalam jaringan atau organ berkembang secara tidak terkendali sebagaimana yang seharusnya terjadi pada pertumbuhan normal. Penyebab terjadinya Neoplasia secara pasti masih sulit untuk dibuktikan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara gizi dan kanker.

Selain terapi medis, terapi nutrisi yang tepat dan lingkungan yang mendukung diharapkan dapat menunjang keberhasilan terapi pengobatan penderita kanker. Nutrisi yang masuk secara seimbang dapat menghambat kemungkinan terjadinya penurunan berat badan dan infeksi lebih lanjut. Masalah gizi yang dihadapi penderita kanker pada umumnya adalah sulitnya menerima makanan. Akibat adanya kanker dalam tubuh dan efek dari terapi pengobatan membuat penderita kanker mengalami berbagai problem nutrisi bila tidak segera diatasi dapat memperburuk kondisi kesehatannya. Dalam tulisan ini akan dibahas lebih lanjut mengenai efek nutrisi yang dapat menunjang terjadinya kanker, efek pengobatan kanker terhadap masukan nutrisi, problem nutrisi yang timbul akibat terapi pengobatan, serta terapi diet yang perlu dilakukan.

  1. Efek nutrisi yang dapat menunjang terjadinya kanker : Salah satu zat gizi yang berkaitan dengan penyebab terjadinya kanker adalah Lemak. Lemak sebenarnya komponen nutrisi yang diperlukan tubuh dan memiliki banyak manfaat. Tetapi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans terlalu sering dan jumlah banyak maka akan mengganggu Kesehatan termasuk diantaranya akan memicu sel kanker. Selain itu, kekurangan zat gizi mikro dalam waktu lama juga dapat memicu peningkatan risiko kanker. Karena beberapa zat gizi mikro berguna untuk menangkal radikal bebas termasuk melindungi sel dari proses keganasan.
  2. Efek pengobatan/ problem nutrisi yang timbul  kanker terhadap masukan nutrisi : Pengobatan yang dilakukan pada penderita kanker umumnya adalah melalui terapi radiasi, operasi, dan kemoterapi. Proses terapi pada kanker dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang berefek mengganggu asupan makan. Selain itu proses yang terjadi dalam tubuh seorang penderita kanker juga menyebabkan risiko kekurangan zat-zat gizi. Pada pasien kanker dalam kurun waktu tertentu akan mengalami penurunan status gizi atau akan mengalami kanker kaheksia,yang mana pasien menjadi sangat kurus, lemah, dan kurang gizi.
  3. Terapi makanan yang penting diberikan bagi pasien kanker untuk membantu penyerapan nutrisi makanan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pasien selama menjalani pengobatan:

KARBOHIDRAT

Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh penderita kanker karena dapat memberikan energi yang diperlukan tubuh selama pengobatanKArbohidrat yang baik dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, beras merah, produk sereal, kacang kering, kacang polong, dan lentil.

PROTEIN

Asam amino yang terkandung dalam protein berguna untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh, dan pemeliharaan sistem kekebalan tubuh. Protein juga membantu tubuh untuk membuat sel, hormon, dan enzim.  Beberapa makanan yang mengandung protein seperti putih telur, daging tanpa lemak, ikan, susu, tahu, tempe dan yogurt dapat mengganti dan memperbaiki sel tubuh yang rusak karena penggerogotan sel kanker maupoun menjaga sel sehat dan juga system imun.

AIR

Sebagai komponen penting dalam tubuh, air dan cairan berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, menyalurkan nutrisi ke bagian tubuh yang membutuhkan, dan membantu mengeluarkan kotoran. Air merupakan pilihan terbaik untuk membantu tubuh dalam mempertahankan jumlah cairan yang memadai. Jika tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup selama pengobatan kanker, pasien kanker akan mengalami dehidrasi, apalagi jika disertai dengan muntah dan diare. Tanyakan kepada dokter untuk mengetahui berapa banyak air yang dibutuhkan untuk mencegah dehidrasi serta jenis cairan dan minuman seperti apa yang boleh dikonsumsi selama pengobatan.

VITAMIN

Sebagai senyawa kimia alami yang penting untuk kesehatan, vitamin membantu tubuh menciptakan energi dari karbohidrat, lemak, dan protein. Vitamin juga dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, menjaga sistem imun tubuh, serta menjaga kekuatan tulang, mata, kulit, kuku, dan rambut. Sumber utama vitamin dapat ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari, seperti buah dan sayuran.

MINERAL

Tubuh membutuhkan mineral untuk membantu metabolisme karbohidrat dan  lemak hingga menjadi energi. Selain itu, mineral bersama vitamin juga berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asupan mineral didapatkan dari jenis makanan nabati dan hewani, antara lain seperti makanan mengandung kalsium, sayur-sayuran seperti brokoli, makanan laut, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Selama pengobatan kanker, umumnya pasien akan kehilangan berat badan dan mengalami kondisi seperti mual, hilang nafsu makan, dan lain-lain. Konsultasikan dan mintalah rujukan pada dokter Anda serta dokter spesialis gizi klinik untuk membantu Anda membuat rencana pola makan terbaik untuk menunjang kebutuhan Anda dan/atau orang terkasih selama menjalani pengobatan kanker.


peresmian-oncology4.jpg
19/Agu/2020

Pengobatan kanker terkadang terhambat karena layanan yang tidak paripurna atau terpisahnya antar bidang-bidang ilmu kedokteran.

Dr. Rizal Memorial Oncology Clinic (RSM) resmi dibuka Maret 2020. RSM didirikan dengan keyakinan pasien kanker dan keluarga mereka harus mendapatkan manfaat dari pengobatan dengan teknologi baru yang relevan secara klinis, serta merupakan persembahan dan dedikasi khusus kepada dr. Rizal Sini, SpOG pendiri BMHS.

Keberadaan RSM pun membantu pasien kanker mendapat perawatan yang terpadu atau multidisiplin. Sebelumya penatalaksanaan pasien kanker terkadang melibatkan banyak rujukan antara bidang dokter yang satu ke dokter lainnya. Hal ini tentunya membingungkan dan menimbulkan ketidakpuasan pasien.

Menurut  pakar  kanker, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FACP pembentuk klinik kanker ini sudah sesuai dengan apa yang dilakukan di negara-negara maju, seperti Singapura, Eropa, dan Amerika tentang pengobatan kanker.

“Pengobatan kanker adalah pendekatan sebuah tim dari berbagai bidang. Jadi sebisa mungkin fasilitas, pengobatan, dan diagnosis berada dalam satu wadah atau dikelola bersama-sama atau satu tim.  Pembentukan klinik oleh RSU Bunda adalah langkah tepat dan dalam arah yang benar,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan dr. Hayatun Nufus, SpPD, salah satu anggota Tim RSM, keberadaan sebuah klinik dalam pengobatan kanker adalah sangat perlu.

“Jumlah kasus kanker semakin meningkat. Kondisi ini disebabkan banyak hal, mulai dari faktor genetik hingga gaya hidup. Beban akibat penyakit kanker pun cukup besar. Mulai dari psikis hingga finansial. Akses pengobatannya pun terbatas,” ungkapnya.

KEUNGGULAN

Keberadaan RSM akan mempersingkat waktu diagnosis dengan awal pemberian terapi yang tepat. Klinik ini juga akan membantu pasien mendapatkan pelayanan terbaik. Hal ini dikarenakan anggota tim multidisiplin secara berkala mengadakan pertemuan yang sangat efektif. Pendekatan secara multidisiplin ini secara keseluruhan meningkatkan kualitas perawatan pasien kanker dan efektif biaya.

“Kami berdiskusi dalam memutuskan pemberian terapi dan obat apa yang tepat untuk pasien. Kami pun memantau efek dan perkembangan dari pengobatannya,” jelas dr. Hayatun .

Dokter Hayatun menambahkan saat ini pelayanan yang telah berjalan adalah one day chemotherapy. Namun, dirinya juga memastikan, standar perawatan pasien sangat konsisten. Tim multidisiplin juga memberikan pendapat secara terintegrasi untuk setiap perkembangan perawatan pasien kanker.

“RSM sudah sesuai dengan prosedur tetap dalam pengobatan kanker. Berbagai kasus jenis dan stadium kanker dapat ditangani di RSM.

“Di masa depan diharapkan RSM dapat mengenal dan menjangkau masyarakat luas. Pelayanan RSM juga akan  menjangkau hulu hingga hilir. Pelayanan tak sebatas hanya pasien dengan stadium awal namun juga pelayanan paliatif. Kita pun akan melakukan berbagai upaya promotif dan preventif,” harapnya.


peresmian-oncology3.jpg
22/Jul/2020

Setiap orang sakit selalu memiliki harapan untuk sembuh dan hidup lebih lama lagi. Termasuk mereka yang sudah divonis menderita penyakit kanker.

Kuncinya adalah bagaimana tim dokter dan pasien yakin bahwa setiap usaha pengobatan akan membuahkan hasil.

“Jadi selama masih ada nafas, maka harapan selalu ada,” tutur Novarina, survivor kanker payudara saat memberikan testimoni terkait sistem pengobatan di Bunda Hope Oncology Center di RSU Bunda Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/8).

Karena itu, meski saat mendatangi RSU Bunda Menteng, Novarina sudah menderita kanker payudara stadium IIIB, ia tidak berputus asa. Tim dokter berhasil menumbuhkan semangatnya untuk bersama-sama untuk menjalani setiap proses dan tahapan terapi kanker yang dilakukannya.

Selama 9 bulan menjalani terapi di Bunda Hope Oncology Center, Novarina merasakan perkembangan yang sangat bagus. Sel-sel kanker yang menggerogoti payudaranya, hati dan paru-parunya, nyatanya bisa dikendalikan. Bahkan kini ia bisa bertahan hidup dengan kondisi yang jauh lebih sehat.

“Saya sudah menjalani kemoterai yag ke-14 kali. Perkembangannya sangat positif. Mudah-mudahan saya bisa melewati semuanya dengan baik,” tambahnya.

Ia mengakui selama berobat di Bunda Hope Oncologi Center, perasaannya jauh lebih nyaman dibanding saat berobat di Malaysia. Selain peralatannya yang canggih, di RSU Bunda Menteng, tim dokter yang menangani sangat baik dan bersahabat.

Bunda Hope Oncology Center diakui Didit Winnetauw, Direktur RSU Bunda Menteng, beroperasi sejak Oktober 2016. Meski relatif baru, Bunda Hope Oncology Center sudah menangani banyak kasus pasien kanker, dari kanker payudara, kanker serviks dan kanker ganas lainnya.

“Kami memiliki tim dokter yang siap memberikan pelayanan untuk konsultasi dan perawatan berkualitas dengan spesialis kemoterapi dan onkologi. Kami lakukan semuanya secara konsisten kepada pasien kanker dengan cara memperluas fasilitas diagnostik molekuler dan genetika,”.

Unit kanker RSU Bunda Menteng ini didirikan dengan keyakinan bahwa pasien kanker dan keluarganya harus mendapatkan manfaat dari setiap pengobatan yang dilakukan dengan teknologi yang relevan secara klinis.

Untuk ilmu pengetahuan, Bunda Hope Oncology Center berfokus pada heterogenitas intratumoral dan evolusi klon mematikan. Klon mematikan adalah sel-sel yang pada akhirnya menyebabkan kematian pada pasien kanker karena kemampuan mereka mengganggu fungsi organ tubuh.

“Dengan mengidentifikasi klon mana yang berpotensi mematikan, Bunda Hope Oncology Center berharap dapat menerapkan diagnosa dan pengobatan kanker terhadap bagian kanker tersebut,”.

Bedah onkologi (surgical oncology) itu sendiri adalah cabang ilmu dalam penanggulangan penyakit kanker dengan menitikberatkan pada aplikasi pembedahan dalam semua aspek yang kesemuanya didasari penguasaan pengetahuan yang mendalam tentang dasar-dasar onkologi, sifat biologi tumor dan hal lain yang berhubungan dengan pengaplikasian modalitas lain seperti radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, hormonal terapi dan lainnya.

media : https://menara62.com/rsu-bunda-jakarta-layani-perawatan-onkologi/


peresmian-oncology2.jpg
22/Jul/2020

Teknologi kedokteran maju pesat seiring dengan kebutuhan pasien, dengan demikian angka harapan hidup juga semakin tinggi. Inilah yang terjadi di Oncology Clinic RSU Bunda Jakarta.

Menggabungkan teknologi terkini di bidang kedokteran dengan pendekatan secara kekeluargaan untuk menguatkan para penderita kanker. RSU Bunda Jakarta akan memberikan perlakuan khusus kepada para pasien kanker. Contohnya perhatian tim medis tak berhenti sampai hanya di rumah sakit saja. Ketika survival cancer sudah sampai rumah, Tim Bunda Oncology Clinic masih memantau dan memberikan perhatian kepada pasien. Tak hanya dari sisi kemanusiaannya saja, tetapi juga mengedepankan teknologi terkini seputar pengobatan kanker.

Bedah Oncology (Surgical Oncology) adalah cabang ilmu dalam penanggulangan penyakit kanker dengan menitikberatkan aplikasi pembedahan dalam semua aspek yang kesemuanya didasari penguasaan pengetahuan yang mendalam tentang dasardasar oncology, sifat biologi tumor dan hal yang berhubungan dengan pengaplikasian modalitas lain seperti radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, hormonal, terapi dan lainnya Bunda Hope Oncology Center didirikan dengan keyakinan bahwa pasien kanker dan keluarga mereka harus mendapatkan manfaat dari pengobatan yang di lakukan dengan teknologi baru yang relevan secara klinis. Perawatan Onkologi di RSU Bunda Jakarta mampu melayani deteksi dini kanker, pembedahan dan kemoterapi berbagai jenis kanker yang di dukung oleh fasilitas dan tenaga medis handal dan terpercaya.

RSU Bunda Jakarta melakukan reopening Bunda Oncology Clinic pada tanggal 4 Maret 2020, yang akan diresmikan oleh dr Ivan Sini MD FRANSCOG GDRM MMIS SpOG, selaku Komisaris Utama PT Bundamedik.

Peresmian tersebut merupakan persembahan dan dedikasi kepada Almarhun dr Rizal Sini SpOG.pendiri BMHS (Bundamedik Healthcare System). Sebagai bentuk informasi dan edukasi berkaitan dengan Bunda Oncology Clinic, diadakan seminar onkologi dengan tema Kanker dan Tatalaksananya yang dihadiri lebih dari 120 peserta, diantaranya survivor dari Yayasan Kanker Indonesia, para tenaga medis serta undangan lainnya.

media : http://www.koran-jakarta.com/bunda-oncology-clinic–harapan-baru-untuk–survival-cancer-/


peresmian-oncology.jpg
22/Jul/2020

“Harapan ada disaat masih ada nafas kehidupan”

Teknologi kedokteran maju pesat seiring dengan kebutuhan pasien, dengan demikian angka harapan hidup juga semakin tinggi. Inilah yang terjadi di Oncology Clinic RSU Bunda Jakarta. Menggabungkan teknologi terkini di bidang kedokteran dengan pendekatan secara kekeluargaan untuk menguatkan para penderita kanker.

RSU Bunda Jakarta  akan memberikan perlakuan khusus kepada para pasien kanker. Contohnya perhatian tim medis tak berhenti sampai hanya di rumah sakit  saja. Ketika survival cancer sudah sampai rumah, Tim Bunda Oncology Clinic masih memantau dan memberikan perhatian kepada pasien. Tak hanya dari sisi kemanusiaannya saja, tetapi juga mengedepankan teknologi terkini seputar pengobatan kanker.

Bedah Oncology (Surgical Oncology) adalah cabang ilmu dalam penganggulangan penyakit kanker dengan menitik beratkan aplikasi pembedahan dalam semua aspek yang kesemuanya didasari penguasaan pengetahuan yang mendalam tentang dasar-dasar oncology, sifat biologi tumor dan hal yang berhubungan dengan pengaplikasian modalitas lain seperti radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, hormonal, terapi dan lainnya.

Bunda Oncology Clinic didirikan dengan keyakinan bahwa pasien kanker dan keluarga mereka harus mendapatkan manfaat dari pengobatan yang di lakukan dengan teknologi baru dengan oncogemonic yang dikenal sebagai personal terapi  yang relevan secara klinis.

Perawatan Onkologi di RSU Bunda Jakarta mampu melayani deteksi dini kanker, pembedahan dan kemoterapi berbagai jenis kanker yang di dukung oleh fasilitas dan tenaga medis handal dan terpercaya.

RSU Bunda Jakarta melakukan Re opening  Bunda Oncology Clinic pada tanggal 4 Maret 2020, yang akan diresmikan oleh dr Ivan Sini MD FRANSCOG GDRM MMIS SpOG, selaku Komisaris Utama PT Bundamedik. Peresmian tersebut merupakan persembahan khusus atas dedikasi  dr. Rizal Sini, SpOG pendiri BMHS (Bundamedik Healthcare System).

Sebagai bentuk informasi dan edukasi berkaitan dengan Bunda Oncology Clinic, diadakan seminar onkologi dengan tema “Kanker dan Tatalaksananya” yang dihadiri lebih dari 120 peserta , dihadiri oleh survivor dari Yayasan kanker Indonesia, tenaga medis serta para undangan.

dengan pembicara :

  • Prof. Dr. dr. Aru W Sudoyo, SpPD, KHOM, FCAP
  • dr. Agus Rizal A.H Hamid, SpU (K), PhD
  • DR. dr. Diah Rini Handjari ,Sp.PA(K)
  • dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, SpOG (k) Onk
  • dr. Patricia Mustika Widjaja, Sp.Rad (K)
  • dr. Ira Mistivani,  SpKFR(K)
  • dr. Dennis Jacobus, SpPK

Satu hal yang perlu di garis bawahi, Bunda Oncolgy Clinic tak sekadar memberikan pengobataan secara fisik. Yang terpenting adalah, bagaimana selalu membakar semangat hidup survival cancer dengan pendekatan dari hati dan manusiawi.




Every Step With BUNDA





Every Step With BUNDA





bmhs1973      bmhs1973      bmhs1973

Call Centre : 1-500-799

24/7 EMERGENCY NUMBER

Call us now if you are in a medical emergency need, we will reply swiftly and provide you with a medical aid.




Copyright by BMHS 2020. All rights reserved.



Copyright by BMHS 2020. All rights reserved.