Pencegahan Kanker Serviks yang Perlu Bunda Ketahui

Pencegahan Kanker Serviks yang Perlu Bunda Ketahui

Agustus 9, 2022 by admin_oncology
IMG_5203-1-1200x800.jpg

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada serviks atau leher rahim. Penyakit ini menyerang sel-sel rahim umum dialami oleh wanita yang berusia 30 tahun ke atas. Kanker ini umumnya tidak didahului dengan gejala yang khas, sehingga gejala-gejala tersebut kerap kali diabaikan. Oleh karena itu,  pencegahan kanker serviks sangat penting dilakukan terutama bila diketahui sejak dini untuk tahap pengobatan pada kanker serviks pun dapat memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Berikut adalah pencegahan kanker serviks yang dapat Anda lakukan.

Baca juga : Nutrisi Seimbang Pada Penyitas Kanker

Pencegahan Kanker Serviks yang Dapat Dilakukan

Salah satu penyebab kanker serviks adalah Human Papilomavirus (HPV) yang terjangkit melalui kontak seksual. Anda dapat melakukan pencegahan kanker serviks dengan mengurangi gaya hidup pergaulan bebas, menggunakan pelindung seperti kondom saat berhubungan, juga hanya berhubungan dengan satu pasangan saja. Beberapa tindakan pencegahan juga dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Pencegahan Kanker Serviks Dengan Melakukan Pemeriksaan

Pemeriksaan pertama dapat Anda laksanakan adalah pap smear. Langkah ini dilakukan melalui pemeriksaan pada leher rahim. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menemukan pra kanker atau sel yang akan terbentuk, salah satu indikasi awal kanker serviks. Pemeriksaan pap smear dianjurkan untuk wanita yang telah berusia 21 tahun dan rutin dilakukan tiap 3-4 tahun sekali.

Menginjak usia 30 tahun, Anda dapat melakukan tes DNA HPV dimana untuk mengetahui keberadaan virus di dalam rahim. Pemeriksaan ini perlu dilakukan setidaknya 5 tahun sekali, bila perlu lakukan pencegahan dengan melakukan vaksinasi pada rentang usia 9 sampai 26 tahun. Langkah ini dipercaya sebagai pelengkap memberikan ketahanan yang lebih efektif.

2. Pencegahan Kanker Serviks dengan Menjaga Kebersihan

Upaya selanjutnya yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan vagina, terutama saat Anda sedang menstruasi. Bisa menggunakan cairan antiseptik khusus kewanitaan yang sudah tersedia di berbagai pasaran dan sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk produk yang dipilih. Paling penting terdapat adanya kandungan povidone iodine yang akan membantu membersihkan area kewanitaan tersebut.

Upaya pencegahan juga bisa dilakukan dengan berhenti kebiasaan merokok, apa hubungannya? Menurut penelitian, mereka yang suka merokok cenderung kesulitan dalam menghadapi virus, karena racun pada rokok itu sendiri.

Baca juga : Bunda Oncology Clinic, Wujudkan Harapan Baru untuk Survival Cancer

Sifatnya adalah oksidatif, sehingga saat melawan virus yang masuk ke dalam tubuh, kekuatan imun akan menurun. Oleh karena itu cobalah menghindari rokok mulai sekarang.


btTextCenter  btSimpleHoverType

Every Step With BUNDA




btTextCenter  btSimpleHoverType

Every Step With BUNDA





bmhs1973      bmhs1973      bmhs1973

Call Centre : 1-500-799

24/7 EMERGENCY NUMBER

Call us now if you are in a medical emergency need, we will reply swiftly and provide you with a medical aid.




Copyright by BMHS 2020. All rights reserved.



Copyright by BMHS 2020. All rights reserved.