Apa itu Kanker Tiroid? Penyebab dan Pengobatannya

Apa itu Kanker Tiroid? Penyebab dan Pengobatannya

Maret 15, 2022 by admin_oncology
Apa-itu-Kanker-Tiroid-Penyebab-dan-Pengobatannya.jpg

Jika Anda bertanya mengenai apa itu kanker tiroid maka, jawabannya adalah adanya pertumbuhan sel tidak wajar pada kelenjar tiroid yang menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh manusia dan akhirnya akan membentuk tumor. Kelenjar tiroid mengatur metabolisme melalui hormon triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4). Bila terdapat masalah di sistem ini, maka metabolisme tubuh juga akan terganggu dan menyebabkan masalah besar bagi kesehatan manusia.

Baca juga : RSU Bunda Jakarta Mendukung Komunitas CISC untuk Penderita Kanker Prostat

7 Gejala Kanker Tiroid untuk Identifikasi Awal

Salah satu cara mengenali kankernya adalah dengan melakukan identifikasi awal di unit medis profesional seperti RSM Oncology. Terdapat 7 gejala yang dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk mengidentifikasikan tiroid, yakni:

  1. Benjolan di Leher

Gejala berbentuk biasanya cenderung wajar, karena dari orang yang benjol 5% yang kemungkinan besar mengalami kankernya. Benjolan ini juga tidak terasa sakit.

  1. Suara Menjadi Serak

Suara serak juga bisa menjadi salah satu indikator, terlebih apabila sudah lebih dari 3 minggu tanpa mengalami tanda membaik.

  1. Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan apabila tidak kunjung sembuh, terlebih berkembang menjadi sulit untuk makan, baiknya segera diperiksakan karena sudah termasuk tanda adanya kanker tiroid.

  1. Sakit Leher

Jika leher Anda mengalami sakit berkepanjangan, segera periksakan dengan menyeluruh.

  1. Kesulitan Menelan

Tiroidnya berperan dalam meningkatkan laju metabolisme tanah dengan mensekresikan hormon. Apabila hormon tidak diaplikasikan, maka metabolismenya jadi terhambat, begitu juga dengan kemampuan menelannya.

  1. Kesulitan bernafas

Sesak nafas adalah kondisi yang biasanya muncul karena obesitas, aktivitas olahraga, dan sebagainya. Jika Anda tidak sedang menjalani kondisi-kondisi tersebut namun merasa sesak, ada baiknya segera memeriksakan diri.

  1. Batuk Tanpa Flu

Batuk identik dengan flu atau demam, batuk tanpa flu menjadi petunjuk besar bahwa ada masalah pada saluran pernafasan atau leher.

Penyebab Terjadinya Kanker Tiroid yang Harus Diketahui

Ada banyak sekali dugaan mengenai penyebab mengapa sel kanker ini bisa muncul, salah satu dugaan terkuat adalah selnya mengalami mutasi, sehingga pertumbuhannya lebih cepat daripada sel sekitarnya. Berikut adalah sejumlah faktor risikonya:

  • Memiliki riwayat paparan radiasi merupakan salah satu faktor risiko pertama. Radiasi adalah salah satu sumber bagaimana sebuah sel akhirnya berkembang serta bermutasi menjadi bentuk baru.
  • Keluarga memiliki riwayat penyakit kanker tiroid. Sama seperti jenis kanker lainnya, cenderung secara genetik memiliki potensi untuk mengalami hal yang sama sehingga apabila keluarga memilikinya, Anda perlu segera perhatikan kesehatan.
  • Ada kelainan genetik tertentu seperti sindrom cowden, ditandai oleh tumor jinak, kulit berlebih, dan ukuran benjolan yang cukup besar, dapat menjadi salah satu faktor risiko bagaimana sebuah sel akhirnya bermutasi serta membentuk tumor yang berbahaya bagi tubuh.
  • Wanita lebih rentan terhadap kanker tiroid.
  • Memiliki kondisi medis tertentu juga bisa menjadi salah satu penyebab berkembangnya sel kanker tumbuh secara tidak wajar. Beberapa kondisi tersebut seperti obesitas dan akromegali.

Pengobatan yang Sering Dilakukan

Kanker merupakan salah satu hal yang harus segera ditangani, karena apabila tidak, bisa menyebar ke sel-sel di sekitarnya. Ada beberapa langkah pengobatan yang dilakukan dokter sesuai dengan tingkat atau stadiumnya, beberapa di antaranya adalah:

  1. Operasi Tiroidektomi

Operasi ini pada dasarnya adalah mengangkat kelenjar tiroidnya, bisa mengangkat sebagian atau mengangkat keseluruhan, bergantung tingkat keparahan yang dialami oleh kelenjarnya. Dokter akan mempertimbangkan bagaimana cara perawatan terbaik untuk pasien ketika berkaitan dengan operasi, dan salah satu hal yang harus dilakukan sebelumnya adalah pemeriksaan terlebih dahulu untuk melihat apakah sel kankernya juga sudah menyebar ke berbagai organ tubuh atau tidak.

  1. Terapi Pengganti Hormon

Terapi hormon adalah pemberian hormon tiroid secara rutin. Fungsi tiroidnya sudah tidak ada lagi, karena sudah dilepas secara total. Dengan terapi ini, Anda harus mengkonsumsi hormonnya seumur hidup, agar fungsi-fungsi tubuh bisa berjalan optimal. Selain mengonsumsi hormon secara rutin harus juga memeriksakan kondisi darahnya, hal ini untuk mengetahui apakah terjadi keseimbangan kandungan dalam darah. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengatur seberapa besar dosis pemberian hormonnya.

Baca juga : Gejala Kanker Kolorektal (Usus Besar: Kolon dan Rektum)

Kanker tiroid merupakan salah satu yang harus dilawan segera sebelum menjadi lebih parah. Reservasikan pemeriksaan diri Anda ke RSM Oncology di RSU Bunda Jakarta sebagai tindak preventatif. Anda dapat mengetahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar untuk menjadwalkan pemeriksaan kesehatan lainnya sesuai kebutuhan Anda. Laman informasi kami juga menyediakan layanan-layanan kesehatan lainnya untuk keluhan-keluhan kesehatan lainnya.

 


btTextCenter  btSimpleHoverType

Every Step With BUNDA




btTextCenter  btSimpleHoverType

Every Step With BUNDA





bmhs1973      bmhs1973      bmhs1973

Call Centre : 1-500-799

24/7 EMERGENCY NUMBER

Call us now if you are in a medical emergency need, we will reply swiftly and provide you with a medical aid.




Copyright by BMHS 2020. All rights reserved.



Copyright by BMHS 2020. All rights reserved.