Mengenal Gejala Kanker Kulit: Jenis, Penyebab & Cara Mengobati

Mengenal Gejala Kanker Kulit: Jenis, Penyebab & Cara Mengobati

Februari 8, 2022 by admin_oncology
Mengenal-Gejala-Kanker-Kulit-Jenis-Penyebab-Cara-Mengobati.jpg

Kanker kulit menyebabkan degenerasi atau penurunan kemampuan kulit untuk memperbaiki diri dan akan menjadi fatal jika tidak segera menerima penanganan. Jika sudah terdeteksi sejak dini maka pengobatan lebih mudah serta dapat berdampak maksimal. Untuk itu Anda harus tahu seperti apa gejala kanker kulit.

Baca juga : Wajib Tahu! Berikut 3 Cara Cek Kanker Payudara Sedari Dini

Kanker Kulit dan Gejalanya

Kanker kulit adalah kondisi abnormal yang terjadi pada jaringan kulit. Orang yang sering terpapar matahari memiliki risiko terbesar. Radiasi Ultraviolet dari matahari merusak sel dan menyebabkan mutasi genetik. Untuk gejalanya sendiri sangat bervariasi, mulai dari timbul benjolan pada kulit, bercak atau tahi lalat dengan ukuran yang tidak biasa, hingga rasa gatal pada kulit.

5 Jenis Kanker Kulit dan Gejalanya

Gejala kanker kulit menandakan tipe serta penyebabnya, Anda harus mengetahuinya untuk langkah pencegahan. Berikut adalah 5 jenis penyakit yang terdeteksi berdasarkan gejala dan tingkat bahayanya bagi penderita.

  1. Karsinoma Sel Basal

Pertumbuhan abnormal jaringan terjadi di bagian paling dalam lapisan terluar tubuh manusia. Lapisan terluar ini adalah epidermis. Tandanya adalah kemunculan benjolan pada kulit namun tidak menyebar.

  1. Karsinoma Sel Skuamosa

Sel yang tumbuh abnormal di bagian tengah dan paling luar dari epidermis. Paling banyak ditemui pada bagian tubuh yang sering terekspos seperti area muka, bibir, telinga, leher, tangan, serta kaki.

  1. Melanoma

Gejala kondisi termasuk munculnya tahi lalat yang mudah menyebar ke organ lain. Termasuk paling ganas sebab langsung menyerang pada melanosit (jaringan penghasil pigmen melanin).

  1. Actinic Keratosis

Disebut juga Solar Keratosis. Kondisi ini berasal dari kerusakan DNA oleh UVB yang memiliki panjang gelombang pendek. Rentan diderita orang yang sudah mengalami penuaan. Kanker kulit ini ditandai dengan kondisi bersisik, kering, serta kasar.

  1. Karsinoma Sel Merkel

Termasuk penyakit langka dan paling berbahaya. Kondisi ini memiliki gejala kemunculan bintik atau benjolan berwarna merah, atau merah muda mengkilap yang tidak menimbulkan nyeri. Pertumbuhannya cepat dan dapat muncul di bagian mana saja.

Penyebab Kanker Kulit

Kanker kulit disebabkan oleh berbagai kondisi yang dikategorikan dalam faktor internal dan eksternal. Faktor-faktor tersebut dapat mengidentifikasi secara spesifik tipe penyakit serta cara pengobatannya, berikut penjelasannya.

  1. Faktor Internal

  • Riwayat Kanker Kulit

Faktor genetik merupakan penyebab paling besar karena orang dengan memiliki anggota keluarga dengan riwayat kanker kulit berisiko lebih tinggi untuk mengalaminya. Pada orang yang pernah mengalaminya, terdapat juga risiko kembali muncul penyakit tersebut.

  • Warna Kulit

Pemilik kulit putih lebih rentan terhadap risiko kanker. Melanin adalah pigmen atau zat pelindung, juga warna alami yang memberi warna pada mata, rambut, dan kulit seseorang yang menurun dari satu orang ke tiap keturunannya secara genetik. Semakin sedikit jumlah melanin dalam tubuh seseorang, semakin cerah warna tubuh, rambut, dan kulit orang tersebut. Semakin sedikit jumlah melanin pada sesorang, semakin mudah sel pada epidermis untuk rusak.

  • Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh mempengaruhi tingkat kerusakan lapisan epidermis, sehingga penderita HIV/AIDS paling berisiko untuk mengalami kanker ini.

  • Tahi Lalat

Banyak terdapat tahi lalat pada wajah, tangan, kaki? Hati-hati bisa jadi itu adalah kanker yang sedang berkembang. Jika jumlah dan ukurannya bertambah, segera periksakan diri.

  1. Faktor Eksternal

Selain faktor internal yang berasal dari dalam tubuh dan genetik, terdapat faktor eksternal. Pengaruh dari luar yang menimbulkan gejala kanker kulit. Berikut faktor eksternal yang wajib Anda perhatikan.

  • Terlalu Sering Terekspos Matahari

Jika Anda tinggal inggal di dataran tinggi atau wilayah tropis, Anda wajib mengenakan tabir surya setiap keluar rumah. Jika kulit selalu terekspos matahari langsung dalam waktu lama, risiko kanker lebih tinggi.

  • Terpapar Radiasi

Paparan radiasi yang berasal dari radioterapi dapat memunculkan gejala kanker kulit. Jika terpapar dalam dosis dan durasi tinggi, akan terjadi kerusakan terjadi bagian dalam epidermis atau karsinoma sel basal.

  • Bahan Kimia

Bahan kimia pada makanan, kosmetik, skincare, dapat menyebabkan kanker. Beberapa bahan tersebut meliputi arsenik, paraben dan sebagainya. Tipe-tipe bahan ini termasuk dalam kategori karsinogenik yang paling banyak didapat dari bahan-bahan pemutih.

Cara Mengobati Penyakit Kanker Kulit

Mengetahui gejala kanker kulit lebih dini akan memudahkan langkah pengobatan. Anda dapat segera memeriksakan diri untuk mengetahui tingkat perkembangannya kemudian melakukan pengobatan. Berikut beberapa cara mengobatinya.

  1. Krim

Cara pertama adalah penggunaan krim khusus. Diberikan pada pasien dengan kondisi penyakit masuk stadium awal atau stadium 0.

  1. Krioterapi

Metode medis untuk mematikan sel abnormal dengan cara pemberian suhu dingin. Suhu dingin tersebut dihasilkan dari nitrogen cair.

  1. Operasi

Operasi pengangkatan sel abnormal hingga ke jaringan akarnya. Dilanjutkan observasi untuk memastikan tidak ada sel kanker tertinggal.

  1. Kuretase

Pengangkatan atau pemotongan menggunakan metode kuret. Kemudian sisa sel yang tertinggal dibakar menggunakan jarum yang dipanaskan dengan listrik.

  1. Radioterapi

Metode radioterapi dilakukan dengan pemberian radiasi tinggi pada sel-sel abnormal. Diberikan kepada pasien stadium lanjut dimana sel kanker sudah menyebar luas.

  1. Kemoterapi

Terapi secara bertahap dengan pemberian obat baik dengan cara diminum atau disuntikkan. Prosesnya panjang dan umumnya terdapat efek samping pengobatan.

  1. Terapi Biologis

Terapi dengan memberikan zat-zat pendukung sistem kekebalan tubuh pasien, sehingga dengan sendirinya mampu melawan aktifitas sel-sel abnormal.

Baca juga : Apa Itu Kanker Endometrium: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Penanganan kanker yang dilakukan dengan tepat akan membawa hasil yang memuaskan bagi pasien. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang menyeluruh dan mendetail seperti di RSM Oncology dari RSU Bunda Jakarta. Ketahui juga jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

 


btTextCenter  btSimpleHoverType

Every Step With BUNDA




btTextCenter  btSimpleHoverType

Every Step With BUNDA





bmhs1973      bmhs1973      bmhs1973

Call Centre : 1-500-799

24/7 EMERGENCY NUMBER

Call us now if you are in a medical emergency need, we will reply swiftly and provide you with a medical aid.




Copyright by BMHS 2020. All rights reserved.



Copyright by BMHS 2020. All rights reserved.