Pengobatan Kanker Berkelanjutan Membutuhkan Wadah Tepat

Pengobatan Kanker Berkelanjutan Membutuhkan Wadah Tepat

Agustus 19, 2020 by admin_oncology
peresmian-oncology4.jpg

Pengobatan kanker terkadang terhambat karena layanan yang tidak paripurna atau terpisahnya antar bidang-bidang ilmu kedokteran.

Dr. Rizal Memorial Oncology Clinic (RSM) resmi dibuka Maret 2020. RSM didirikan dengan keyakinan pasien kanker dan keluarga mereka harus mendapatkan manfaat dari pengobatan dengan teknologi baru yang relevan secara klinis, serta merupakan persembahan dan dedikasi khusus kepada dr. Rizal Sini, SpOG pendiri BMHS.

Keberadaan RSM pun membantu pasien kanker mendapat perawatan yang terpadu atau multidisiplin. Sebelumya penatalaksanaan pasien kanker terkadang melibatkan banyak rujukan antara bidang dokter yang satu ke dokter lainnya. Hal ini tentunya membingungkan dan menimbulkan ketidakpuasan pasien.

Menurut  pakar  kanker, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FACP pembentuk klinik kanker ini sudah sesuai dengan apa yang dilakukan di negara-negara maju, seperti Singapura, Eropa, dan Amerika tentang pengobatan kanker.

“Pengobatan kanker adalah pendekatan sebuah tim dari berbagai bidang. Jadi sebisa mungkin fasilitas, pengobatan, dan diagnosis berada dalam satu wadah atau dikelola bersama-sama atau satu tim.  Pembentukan klinik oleh RSU Bunda adalah langkah tepat dan dalam arah yang benar,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan dr. Hayatun Nufus, SpPD, salah satu anggota Tim RSM, keberadaan sebuah klinik dalam pengobatan kanker adalah sangat perlu.

“Jumlah kasus kanker semakin meningkat. Kondisi ini disebabkan banyak hal, mulai dari faktor genetik hingga gaya hidup. Beban akibat penyakit kanker pun cukup besar. Mulai dari psikis hingga finansial. Akses pengobatannya pun terbatas,” ungkapnya.

KEUNGGULAN

Keberadaan RSM akan mempersingkat waktu diagnosis dengan awal pemberian terapi yang tepat. Klinik ini juga akan membantu pasien mendapatkan pelayanan terbaik. Hal ini dikarenakan anggota tim multidisiplin secara berkala mengadakan pertemuan yang sangat efektif. Pendekatan secara multidisiplin ini secara keseluruhan meningkatkan kualitas perawatan pasien kanker dan efektif biaya.

“Kami berdiskusi dalam memutuskan pemberian terapi dan obat apa yang tepat untuk pasien. Kami pun memantau efek dan perkembangan dari pengobatannya,” jelas dr. Hayatun .

Dokter Hayatun menambahkan saat ini pelayanan yang telah berjalan adalah one day chemotherapy. Namun, dirinya juga memastikan, standar perawatan pasien sangat konsisten. Tim multidisiplin juga memberikan pendapat secara terintegrasi untuk setiap perkembangan perawatan pasien kanker.

“RSM sudah sesuai dengan prosedur tetap dalam pengobatan kanker. Berbagai kasus jenis dan stadium kanker dapat ditangani di RSM.

“Di masa depan diharapkan RSM dapat mengenal dan menjangkau masyarakat luas. Pelayanan RSM juga akan  menjangkau hulu hingga hilir. Pelayanan tak sebatas hanya pasien dengan stadium awal namun juga pelayanan paliatif. Kita pun akan melakukan berbagai upaya promotif dan preventif,” harapnya.


btTextCenter  btSimpleHoverType

Every Step With BUNDA




btTextCenter  btSimpleHoverType

Every Step With BUNDA





bmhs1973      bmhs1973      bmhs1973

Call Centre : 1-500-799

24/7 EMERGENCY NUMBER

Call us now if you are in a medical emergency need, we will reply swiftly and provide you with a medical aid.




Copyright by BMHS 2020. All rights reserved.



Copyright by BMHS 2020. All rights reserved.